Free Web Hosting Provider - Web Hosting - E-commerce - High Speed Internet - Free Web Page
Search the Web

Home Up Informasi Contents Visualisasi P.S.

PS. Manajemen Agribisnis

 

 

Kurikulum Jurusan Manajemen Agribisnis di Politeknik Pertanian Negeri Jember adalah terdiri atas 2 (dua) kelompok keahlian, yaitu Keahlian Manajemen & Bisnis (60%) dan Keahlian dalam Teknik Budidaya (40%).

Untuk kelompok Keahlian Manajemen & Bisnis, Jurusan Manajemen Agribisnis menekankan pentingnya mahasiswa untuk menguasai kompetensi Rekayasa Sistem, Manusia & Produktivitas dilingkungan kerja, Lingkungan Bisnis, Perusahaan atau Industri Pertanian (Agroindustri). Selain itu, mahasiswa dididik untuk menguasai Dasar-dasar Bisnis Ekonomi dan Manajemen Agribisnis.

Sedangkan untuk kelompok Teknik Budidaya Pertanian mahasiswa dibekali dengan beberapa mata kuliah, seperti Produksi Tanaman Hortikultura, Produksi Tanaman Pangan, Produksi Tanaman Perkebunan, Dasar-dasar Agronomi, Produksi Perikanan, Produksi Peternakan dan lain-lainnya.

Adapun tujuan dari pendidikan di Jurusan Manajemen Agribisnis setelah mahasiswa lulus adalah sebagai berikut :

  • Dapat mengamati dan menganalisis masalah serta menerapkan ilmu pegetahuan dan teknoloi (IPTEK) untuk melaksanakan pekerjaan managerial di bidang agribisnis.

  • Dapat mengukur produktivitas suatu sistem kerja dan manusia dalam bidang agrobisnis/agroindustri, dan merekayasa sistem tersebut untuk meningkatkan produktivitasnya.

  • Dapat melaksanakan tugas-tugas managerial pada pos-pos / jabatan tingkat menengah, sebagai manager ditingkat menengah (middle level manager) di Industri-industri Pertanian dan Agroindustri.

  • Dapat memiliki sikap enterpreneur sehingga tidak hanya berhadap untuk memperoleh pekerjaan di sektor formal, tetapi juga mampu menciptakan peluang kerja.

Selanjutnya untuk menjembatani antara Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang diperoleh di bangku perkuliahan dengan kondisi nyata di lapangan (masyarakat), maka dalam hal ini mahasiswa diharuskan melaksanakan Pengalaman Kerja Praktek Mahasiswa (PKPM) pada Industri Pertanian/Agroindustri atau usaha tani maju di masyarakat. Adapun kelompok mata kuliah yang telah didapatkan sebelum melakukan Pengalaman Kerja Praktek Mahasiswa (PKPM) pada lampiran berikutnya.

 
Send mail to p.politani@mailcity.com with questions or comments about this web site.
Design (Dudik Hadi Iswanto) * SIM & LAN * Politeknik Pertanian Negeri Jember *
Last modified: October 09, 2001